Senin, 15 Februari 2016

Cara Mencegah Input Data Double Di Excel

Assalamu'alaikum,
pada saat kita membuat data mungkin kadang kita terburu buru sehingga menyebabkan penginputan double. nah pada kesempatan kali ini saya akan coba share bagaimana Cara Mencegah Input Data Double di Excel. Mungkin bingung karena biasanya mencegah input data double itu adanya di access atau aplikasi yang terhubung dengan database, namun ternyata di excelpun bias loohhhh...

oke langsung mulai saja

1. Pilih Tab Data - Pilih Data Validation

2. Lalu pada tab Setting ubah Allow : menjadi Custom, Lalu pada tab form Formula isikan rumus "=countif($B$2:$B$15,B2)=1"
Ket : $B$2:$B$15 = adalah data yang kita pilih
         B2 = data awal yang dipilih
         1 = data yng harus di isi
jangan dulu di OK karena kita masih menggunakan ini

3. Lalu Pilih Tab Error Alert, lalu isi bagian Title dan Error Message-nya, Pesan error Message ini kan di tampilkan bila data yang di masukkan ternyata sudah ada alias sudah di input sebelumnya.
4. Lalu Klik OK, dan sekarang pada sel B2:B15 sudah di terapkan validasi data ganda, jika pada sel tersebut di masukkan data ( angka maupun teks) dan ternyata data tersebut sudah ada maka akan di tolak dan akan tampil pesan ada data ganda. Jika sudah berhasil coba input data yang sama, maka akan muncul tampilan :
Selesai :D
semoga bermanfaat yaaa ^^

1 komentar:

  1. kalo input datanya via copas gimana caranya gan..? krn pake cara yg ini gak muncul alert nya.. thanks

    BalasHapus

mohon masukannya ya kawan ;)