Sabtu, 13 Februari 2016

Membuat Invoice Otomatis di Exel

Assalamu'alaikum, pada kesempatan kali ini saya akan coba share cara membuat invoice automatis di exel yang sederhana. Mungkin invoice ini adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan kecil maupun perusahaan berskala besar. Oke kita langsung mulai saja....

1. Buka Microsoft Exel tentunya, jangan buka kenangan masa lalu :p
2. Buat desain invoice terlebih dahulu. Dalam tutor ini saya membuat desain invoicenya terlebih dahulu, sehingga kita bisa tau apa saja yang akan kita gunakan pada invoice. mungkin bias dilihat contohnya seperti gambar dibawah untuk desain yang saya buat.


 
3. Setelah itu kita mulai dengan bembuat data yang akan kita pakai, dalam contoh ini saya akan membuat data customer, nama barangm Satuan, Harga.

A. Membuat Data Customer
     - Buat di Pinggir desain yang sudah kita buat agar gampang dalam melihat datanya, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :
    

- Setelah datanya sudah dibuat kita eksekusi dulu untuk mengisi form Pembeli dan Alamat
    * Form Pembeli
          - Klik Pada form kosong di kolom pembeli
          - Lalu Pilih Tab Data
          - Lalu Pilih Data Validation


       

  - Lalu Akan Muncul Tampilan seperti dibawah ini

       

  - Lalu pada Pilihan Allow : , Pilih List, Lalu pada pilihan Source kita pilih data customer yang sudah kita buat tadi. seperti gambar dibawah ini :

    

   - Lalu Klik OK, jika berhasil maka pada colom tadi akan muncul pilihan customer ketika kita klik. seperti gambar dibawah ini :


     * Form Alamat
         Pada form alamat ini akan kita buat otomatis sehingga ketika kita memilih customer maka akan langsung muncul alamat yang sudah kita buat di data customer.
           - Pada form ini masukan rumus : =VLOOKUP(C4,J8:K12,2)
               Ket : C4 = kolom Pembeli, J8:K12 = data yang sudah dibuat, 2 = kolom data yang akan diambil, berhubung disini alamat ada pada kolom 2 jadi kita masukan 2.


       

 - Maka hasilnya ketika kita pilih nama customer akan automatis alamat terisi.
nah tahap awal sudah selesai, untuk nama Pembeli dan Alamat sudah lebih disederhanakan, dan tidak perlu repot mengetik ulang.

untuk tanggal bisa menggunakan rumus : =Today() , maka akan automati mengikuti tanggal hari ini.

untuk satuan caranya sama seperti tadi membuat data pembeli, sehingga kita hanya tinggal klik dan akan muncul pilihan satuan yang kita butuhkan. hasilnya pun sama seperti tadi list pembeli.

nah sekarang kita akan membuat data mengenai barang, biasanya tiap pembeli mempunyai harga khusus dan berbeda beda, sehingga ketika kita lupa kita tidak akan khawatir karena formatnya sudah di buat secara automatis. oke langsung saja daripada kelamaan nanti malah PHP #eh jadi curhat :D

oke cekidot haha
- Buat dulu datanya di pinggir data customer tadi supaya mudah, bisa ikuti contoh gambar dibawah

Penting : yang dilingkari nama customer itu harus sama seperti nama customer yang kita bikin di awal

- nah jika sudah membuat data tersebut, bisa langsung kita eksekusi hehe
 - pada kolom Harga Sat (Rp) (dibawahnya yang kosong/yang akan kita isi) masukan rumus : =IF(AND($C$4=$N$28,C8=$M$29),$N$29,IF(AND($C$4=$N$28,C8=$M$30),$N$30,IF(AND($C$4=$N$28,C8=$M$31),$N$31,0))), itu rumusnya hanya dengan 3 barang dan 1 customer, tingal dilanjutkan bila barang dan customernya banyak.
Ket :
- $C$4 = $N$28 -> adalah untuk menentukan nama pembeli yang dipilih
- C8=$M$29 -> adalah untuk menentukan nama barang yang dipilih
- $N$29 -> adalah Harga barang yang telah kita pilih tadi. jadi jika diuraikan dengan kata kata kurang lebih seperti "Jika Nama Pembelinya adalah .........., dan Barangnya .......... maka harganya adalah .........."

jika rumus sudah benar maka akan otomatis ketika kita sudah memilih nama pembeli, dan sudah memilih nama barang akan otomatis harganya akan muncul.
setelah itu drag dari rumus tadi kebawah smpai batas yang kita tentukan.
nah untuk jumlah tinggal menggunakan rumus perkalian exel, yaitu jumlah quantity di kalikan dengan harga (QTY x Harga).


tereeeeetttt sudah jadi de invoicenya, klo kita terganggu dengan data yang sudah kita buat tadi, tinggal hide saja kolomnya.

mohon maaf jika kata katanya sangat sulit dimengerti, tapi jika ada yang mau ditanyakan bisa langsung comment atau juga bisa langsung chat ke kontak pribadi yang tersedia.

File yang sudah jadi bisa di download disini. untuk bahan belajar jikalau kurang mengerti dengan tutor yang dibuat.

semoga bermanfaat ^^

6 komentar:

mohon masukannya ya kawan ;)